Tugas Akhir

Info Penting : Coaching Clinic Dilaksanakan Tanggal 15 Januari 2024, Pukul 08:00 WIB Di Lab RSI

Pedoman Penyusunan Tugas Akhir

Untuk mempermudah dalam proses penyelesaian matakuliah Tugas Akhir (TA), Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau telah membuat pedoman pelaksanaan Matakuliah Tugas Akhir. Pedoman ini dituangkan dalam bentuk Buku Pedoman Tugas Akhir. Buku pedoman ini memberikan dasar dan arah pijakan bagi penyusunan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau khususnya Program Studi Sistem Informasi. Pedoman ini telah disusun berdasarkan kurikulum terbaru dengan implementasi tuntutan era Industri 4.0 dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan budaya Green and Smart Campus yang memberikan kebebasan mahasiswa dalam menentukan bentuk Tugas Akhirnya.

Kalender Pelaksanaan Tugas Akhir Program Studi Sistem Informasi

Kalender Tugas Akhir Program Studi Sistem Informasi Tahun 2023

Proses Pengajuan Judul dan Proposal Tugas Akhir

  1. Mahasiswa melakukan input berkas pengajuan proposal Tugas Akhir ke SITASI.
  2. Ketua Program Studi melakukan penunjukan dosen untuk merevie proposal yang masuk.
  3. Dosen mereview proposal dan memberikan nilai, serta komentar jika diperlukan.
  4. Jika proposal diterima, maka mahasiswa melakukan pengajuan dosen pembimbing, dan jika ditolak, maka mahasiswa melakukan pengajuan ulang.
  5. Terakhir, Ketua Program Studi melakukan pengecekan, validasi, dan penyetujuan Dosen Pembimbing.

Proses Pengajuan Seminar Proposal

  1. Mahasiswa melakukan input berkas pengajuan proposal Tugas Akhir ke SITASI.
  2. Staf Prodi melakukan pengecekan berkas proposal. Jika lengkap, maka diteruskan kepada Kaprodi untuk penunjukan penguji. Namun jika belum lengkap, maka mahasiswa melakukan pengajuan ulang.
  3. Ketua Program Studi menunjuk 2 orang dosen penguji seminar proposal.
  4. Setelah tim penguji ditunjuk, Staf Prodi melakukan penginputan jadwal seminar proposal.
  5. Proses akhir, mahasiswa dapat mengecek jadwal seminar di akun masing-masing di SITASI.

Proses Pengajuan Nilai Seminar Proposal

  1. Mahasiswa melakukan input berkas pengajuan nilai Seminar Proposal ke SITASI.
  2. Admin melakukan pengecekan berkas nilai Seminar Proposal. Apabila sesuai, maka nilai di input ke sistem. Namun apabila tidak sesuai atau masih ada yang kurang, maka mahasiswa harus melengkapi terlebih dahulu atau melakukan pengajuan ulang Seminar Proposal.
  3. Mahasiswa dapat melihat nilai Seminar Proposalnya pada akun masing-masing.

Proses Pengajuan Sidang Akhir

  1. Mahasiswa melakukan input berkas pengajuan Sidang Tugas Akhir ke SITASI.
  2. Staf Prodi melakukan pengecekan berkas Sidang Tugas Akhir mahasiswa. Jika lengkap, maka diteruskan ke Kaprodi untuk penunjukan penguji. Jika belum lengkap, mahasiswa kembali melakukan pengajuan ulang.
  3. Kaprodi menunjuk 2 orang dosen Penguji dan 1 orang Ketua Sidang untuk pelaksanaan Sidang Tugas Akhir tersebut.
  4. Setelah itu, Staf melakukan penginputan jadwal Sidang Tugas Akhir.
  5. Mahasiswa dapat mengecek jadwal Sidang Tugas Akhir di akun masing-masing.

Proses Pengajuan Nilai Sidang Tugas Akhir

  1. Mahasiswa melakukan input berkas pengajuan nilai Sidang Tugas Akhir ke SITASI.
  2. Admin melakukan pengecekan berkas nilai Sidang Tugas Akhir. Apabila sesuai, maka nilai akan diinput. Apabila tidak sesuai atau masih ada yang kurang, maka mahasiswa harus melengkapi terlebih dahulu atau melakukan pengajuan ulang Sidang Tugas Akhir.
  3. Mahasiswa dapat melihat nilai Sidang Tugas Akhirnya pada akun masing-masing.

Download Formulir Tugas Akhir

  1. Form B0 – Bukti Menghadiri Seminar Proposal – [ Download ]
  2. Form B1  – Bukti Selesai Laporan Kerja Praktek (KP) – [ Download ]
  3. Form B2 – Bukti Selesai Laporan Praktikum – [ Download ]
  4. Form B3 – Kartu Bimbingan Tugas Akhir – [ Download ]
  5. Form B4 – Bukti Perbaikan Laporan – [ Download ]
  6. Form TA01 – Formulir Pengajuan Tugas Akhir – [ Download ]
  7. Form TA04 – Formulir Pengajuan Seminar Proposal – Sidang TA – [ Download ]
  8. Form TA06 – Daftar Hadir/Presensi – [ Download ]
  9. Form TA09 – Berita Acara – [ Download ]
  10. Form TA10 – Rekapitulasi Nilai Tugas Akhir – [ Download ]
  11. Form TA11  – Rekapitulasi Nilai Sidang Tugas Akhir – [ Download ]
  12. Form TA12 – Bukti Penyerahan Laporan Tugas Akhir – [ Download ]
  13. Form TA13 – Formulir Pergantian Dosen Pembimbing – [ Download ]

Format Penulisan Laporan Tugas Akhir

Selain dimudahkan dengan menggunakan SITASI dalam mengelola proses Tugas Akhir, Program Studi Sistem Informasi telah menerapkan LaTeX dalam Format Penulisan Laporan Tugas Akhir sejak tahun 2021. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas Laporan Tugas Akhir yang baik dan untuk keseragaman Format Layout laporan. Selain itu, penerapan LaTeX ini juga bertujuan untuk mempermudah Koordinator Tugas Akhir dalam melakukan pengecekan penulisan akhir ditahap validasi sebelum Laporan di upload ke Repositori UIN Suska Riau. Untuk mendownload Template Format Laporan Tugas Akhir Program Studi Sistem Informasi dalam bentk LaTeX dan Aplikasi TeXstudio, silahkan klik link di bawah ini:

TeXstudio

Sistem Informasi Pengelolaan Tugas Akhir (SITASI)

Sistem Informasi Tugas Akhir (SITASI)

SITASI adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk pengelolaan Tugas Akhir Program Studi Sistem Informasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pengembangan sistem ini dilakukan oleh mahasiswa dengan prinsip “Dari mahasiswaOleh mahasiswa, dan Untuk mahasiswa“. “Dari mahasiswa” maksudnya adalah ide-ide dari fitur-fitur yang ada pada SITASI berasal dari mahasiswa. “Oleh mahasiswa” maksudnya adalah implementasi dari ide-ide tersebut dilakukan oleh mahasiswa. Sedangkan “Untuk mahasiswa”, SITASI ini memang bertujuan untuk mahasiswa. Selain diterapkan untuk pengelolaan Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, SITASI juga telah menjadi tempat belajar pengembangan sistem informasi bagi mahasiswa. Untuk berkunjung ke SITASI dan mendownload Panduan Penggunaan SITASI, dapat meng-klik Link di bawah ini:

Buku Panduan Penggunaan Sistem Informasi Tugas Akhir (SITASI)

Aplikasi Pengecekan Penulisan Laoran Tugas Akir (SmartTA)

SmarTA ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi Gambar yang tidak dirujuk, Tabel yang tidak dirujuk, Persamaan/Rumus yang tidak dirujuk, Lampiran yang tidak dirujuk, Label Gambar dan Label Tabel yang sama, dan kesalahan format penulisan tanda baca, serta tabel dengan format Non-LongTable dan lain sebagainya. Aplikasi ini digunakan dalam pengecekan Laporan Tugas Akhir, mengingat masih banyak kesalahan-kesalahan penulisan yang ditemukan pada laporan akhir mahasiswa, terutama pada saat melakukan validasi atau jilid keras Laporan Tugas Akhiar. Sistem ini dapat mengurangi pekerjaan dosen pembimbing maupun Koordinator Tugas Akhir dalam mendeteksi kesalahan-kesalahan penulisan agar dapat menjaga kualitas Laporan Tugas Akhir dari sisi penulisan. Untuk mendownload aplikasi ini, silahkan klik link di bawah ini:

Jadwal Kuliah Umum / Coaching Clinic

Spanduk Kegiatan Coaching Clinic Prodi SI