Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pelaksanaan Perkuliahan Semester Genap TA 2014/2015

Dalam rangka peningkatan mutu akademik untuk persiapan akreditasi maka Kami menghimbau seluruh dosen pengampu matakuliah untuk dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kuliah semester ganjil 2014/2015 dimulai tanggal 2 Maret 2015 (11 Jumadil Awal 1436 H). Kuliah akan berakhir seminggu sebelum UAS yaitu 8 Juni 2015 (21 Sya’ban 1436 H), sehingga tersedia 16 Minggu perkuliahan.
  2. Semua dosen pengampu mata kuliah (baik dosen tetap maupun dosen luar biasa) wajib untuk menghadiri pertemuan bersama dosen dalam rangka penyatuan visi menghadapi perkuliahan semester genap 2014/2015, yang akan dilaksanakan pada Jumat 27-2 -2015 jam 8.30. Bagi dosen yang tidak bisa hadir, agar dapat mengemukakan alasan ketidakhadirannya dengan menghubungi Wakil Dekan 1 atau mengirimkan surat resmi ke Dekan yang memuat penjelasan mengenai alasan ketidakhadirannya (surat dikirimkan sebelum waktu pertemuan dilaksanakan).
  3. Semua dosen pengampu mata kuliah wajib untuk membuat SAP dan I-SAP dan dikumpulkan ke jurusan masing-masing. Pengumpulan ini dilakukan sebelum waktu perkuliahan dimulai (2 Maret 2015). Mulai semester ini, seluruh dosen diharapkan mulai meningkatkan strategi pengajarannya (yang terlingkup dalam SAP), yaitu dengan memvariasikan metode pengajaran, seperti menyertakan Problem based learning (PBL), ke dalam strategi pengajarannya di samping metode lainnya seperti metode ceramah. Hal ini bertujuan agar terjadi peningkatan transfer ilmu, dan terwujudnya pendidikan yang menyeluruh yaitu meliputi 3 faktor (kognitif, afektif dan psikomotorik), yang juga merupakan penekanan dalam kurikulum KKNI, sehingga mampu menghasilkan lulusan FST yang tinggi ilmunya, mulia sikapnya, kreatif dan terampil.
  4. Seluruh dosen wajib mengadakan perkuliahannya pada minggu pertama, kecuali dikarenakan hal-hal yang darurat, seperti sakit, dll. Ketepatan dosen dalam memulai perkuliahan akan memberikan citra baik bagi mahasiswa tentang kedisiplinan dosen dalam melaksanakan perkuliahan.
  5. Tidak dibenarkan untuk melakukan salah satu atau semuanya dari hal-hal berikut:
    • Memindahkan jadwal kuliah/tempat kuliah tanpa izin ketua jurusan/sekretaris jurusan
    • Menggabungkan kelas paralel
    • Merapel pertemuan kuliah (satu pertemuan dihitung lebih dari satu pertemuan)
  6. Perkuliahan tidak boleh kurang dari 3 kali pertemuan untuk setiap bulannya dan tidak boleh kurang dari 7 kali pertemuan ketika memasuki minggu UTS ( 20 April 2015/1 Rajab 1436 H), dan tidak boleh kurang dari 13 kali pertemuan sebelum minggu tenang  (8 Juni 2015/21 Sya’ban 1436 H).
  7. Dosen diharapkan untuk disiplin dalam mentaati waktu kuliah. Dengan ini kita berharap untuk dapat menumbuhkan sikap disiplin kepada mahasiswa dalam mentaati waktu perkuliahan.
  8. Dosen diharapkan dapat menegakkan aturan kode etik berpakaian dan bersikap kepada mahasiswa di kelas yang diajarnya. Penegakan kode etik ini jangan dianggap hal yang sepele. Karena pembentukan sikap (afektif) mahasiswa merupakan hal yang tidak kalah penting selain pencapaian keilmuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik).
  9. Untuk peningkatan nilai mahasiswa, diharapkan dosen dapat:
  • Memberikan contoh-contoh soal ujian dan solusinya, sebelum dilaksanakan UTS dan UAS
  •  Memberikan penilaian yang lebih didasarkan kepada penilaian terhadap proses atau tingkat perubahan yang dicapai mahasiswa, bukan hanya semata-mata berdasarkan hasil akhir.
  • Karena mahasiswa kita adalah kumpulan/populasi manusia yang mengikuti distribusi normal (yaitu, sedikit yang bagus, sedikit yang buruk, dan kebanyakannya cukup/rata-rata), maka seorang dosen yang baik juga paling kurang akan menghasilkan mahasiswa yang memiliki nilai dengan distribusi yang normal.

Demikianlah, Fakultas berterimakasih kepada seluruh dosen pengampu matakuliah yang telah bersusah payah dalam mempersiapkan dan melaksanakan perkuliahan. Mudah-mudahan semuanya menjadi amal yang memiliki nilai yang besar di sisi Allah subhanawata’ala.

Tertanda,

An. Dekan,

Wakil Dekan I

Dr Teddy Purnamirza, ST, M.Eng

Dikutip dari: http://fst.uin-suska.ac.id/pengumuman/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-pelaksanaan-perkuliahan-semester-genap-ta-20142015/

Related Posts

Leave a Reply