Pertemuan Seluruh Dosen FST Untuk Persiapan Semester Genap 2014/2015

Pada hari Jumat pagi, 27 Februari 2015, semua dosen pengampu mata kuliah (baik dosen tetap maupun dosen luar biasa)  menghadiri pertemuan bersama dalam rangka penyatuan visi menghadapi perkuliahan semester genap 2014/2015. Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh:

  1. Dekan FST: Dr. Hartono, Mpd
  2. Wakil Dekan I : DR. Teddy Purnamirza, ST, M.Eng
  3. Wakil Dekan II : DR. Rado Yendra, S.Si., M.Sc
  4. Wakil Dekan III : DR. Okfalisa, ST, M.Sc

Dalam sambutannya, Dekan FST Dr. Hartono, Mpd mengingatkan agar semua dosen FST lebih mempersiapkan segalah hal untuk kegiatan akademik semester Genap yang dimulai pada hari Senin, 2 Maret 2015 nanti. Selain itu, beberapa kebijakan untuk lebih mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi juga tidak luput dari perhatian Dekan FST ini. “Diharapkan semua dosen mengoptimalkan penggunaan E-Learning UIN Suska Riau dalam proses mengajar. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata kuliah dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri).  E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya). Dengan fasilitas E-learning ini, dosen di lingkungan FST dapat memanfaatkannya untuk mengunggah silabus, SAP, ISAP dan rencana perkuliahan agar mahasiswa lebih mempersiapkan diri sebelum perkuliahan dimulai…” Ujarnya.

Selain itu, Dr. Hartono juga menjelaskan tentang strategi pembelajaran mahasiswa aktif. Pembelajaran aktif harus diterapkan karena mahasiswa sering tidak mengungkapkan temuannya dalam pembelajaran sehingga terkesan hanya dosen yang aktif berbicara. Mahasiswa sering terdiam, kurang terampil menjawab pertanyaan dosen. Strategi pembelajaran yang telah lama dianggap kurang mampu membangkitkan keterampilan berbicara, kurang mengembangkan  kemampuan percaya diri, kurang mampu membangun komunikasi pembelajaran efektif, kolaborasi, refleksi, dan evaluasi. Bahkan pembelajaran kurang memanfaatkan model-model pembelajaran mutakhir. Untuk itu, Dr. Hartono lebih mengharapkan seluruh civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau lebih mengutamakan segala hal untuk terciptanya sistem akademik yang baik.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Dekan FST juga mengharapkan agar lebih menggiatkan dan membudayakan kegiatan menulis, baik menulis jurnal ataupun buku. Menurut beliau, ada beberapa manfaat dalam menulis buku, yaitu:

  1. Memperpanjang usia
  2. Pembelajaran lintas kelas
  3. Menjalin silaturrahmi dalam kegiatan seminar buku dan lainnya
  4. Menjadi warisan yang didapat berupa royalti
  5. Meningkatkan finansial.

Di akhir sambutannya, Dekan FST mengingatkan untuk mengajar dengan ikhlas lillahita’ala dan tidak menjadikan segala kewajiban mengajar sebagai beban, dengan demikian akan menimbulkan kenyamanan disemua pihak.

Dikutip dari: http://fst.uin-suska.ac.id/berita/pertemuan-seluruh-dosen-fst-untuk-persiapan-semester-genap-20142015/

Related Posts

Leave a Reply