Akademik

Layanan Akademik Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau
Layanan Akademik Program Studi Sistem Informasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Fungsi dari akademik ini bersama-sama menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan akademik dan profesional mahasiswa di Program Studi Sistem Informasi. Hal ini dapat membantu mahasiswa mencapai potensi penuh dalam dunia teknologi informasi yang dinamis. Untuk melihat apa saja layanan akademik yang lebih detail, silahkan kunjungi Link Layanan Akademik kami.

Layanan Akademik Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau memiliki berbagai fungsi penting dalam mendukung pengalaman belajar mahasiswa dan menjaga kelancaran administratif. Beberapa fungsi utamanya meliputi:

  1. Pemberian Informasi: Memberikan informasi tentang kurikulum, persyaratan akademik, dan prosedur administratif kepada mahasiswa. Membantu mahasiswa memahami tata cara pendaftaran, pemilihan mata kuliah, dan jalur studi yang tersedia.
  2. Pengelolaan Ujian dan Penilaian: Mengelola proses ujian matakuliah, seminar proposal, dan sidang Tugas Akhir Mahasiswa. Selain itu memastikan bahwa semua proses akademik berjalan sesuai dengan ketentuan.
  3. Dukungan Psikologis: Memberikan dukungan psikologis dan motivasi kepada mahasiswa dalam menghadapi tekanan akademik. Bagian akademik dapat membantu mahasiswa dalam mengatasi tantangan akademik dan memberikan saran tentang strategi belajar yang efektif.
  4. Koordinasi antara Mahasiswa dan Dosen: Berperan sebagai penghubung antara mahasiswa dan dosen. Akademik dapat membantu mahasiswa menjadwalkan pertemuan dengan dosen, mengatasi masalah dalam kelas, atau mengomunikasikan kebutuhan khusus mahasiswa kepada fakultas.
  5. Pelaporan dan Statistik: Melakukan pelaporan terkait data akademik, statistik, dan pencapaian mahasiswa kepada pihak-pihak terkait, termasuk departemen pendidikan/kementerian atau badan akreditasi.
  6. Pemberian Sarana Informasi: Menyediakan akses ke berbagai sumber daya dan informasi akademik, termasuk perpustakaan digital, portal akademik (iRaise), dan sistem manajemen pembelajaran online (E-Learning), informasi live Program Studi lewat aplikasi Display Informasi.
  7. Pengembangan Karir: Memberikan informasi dan saran tentang peluang karir di bidang sistem informasi dan membantu mahasiswa merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan karir mereka.
  8. Pemeliharaan Rekam Jejak Akademik: Merawat rekam jejak akademik mahasiswa, termasuk transkrip, nilai, dan catatan akademik lainnya, serta pencarian pekerjaan.
  9. Administrasi Mahasiswa: Bagian akademik juga mengelola informasi pribadi mahasiswa dengan aman dan rahasia. Menangani administrasi mahasiswa, seperti Surat Aktif Kuliah, Surat Cuti Kuliah, Surat Pindah Kuliah, Surat Undangan, Surat Peminjaman Ruangan, Surat Penerbitan Ijazah, Surat Izin Penelitian, dan masih banyak lagi surat-menyurat lainnya.