Kerja Praktek

Info Penting : Pengumuman nama mahasiswa KP tahun 2024 sedang dalam penyusunan.
Siti Monalisa

Siti Monalisa, ST., M.Kom
Koordinator Kerja Praktek (KP)

Jumlah Pra KP & KP Reguler :

Jumlah Pra KP32%
Jumlah KP Reguler68%

Info Penting !

Panduan dan Jenis Kerja Praktek

Berdasarkan Buku Panduan Sistem, Prosedur Kerja Praktek dijelaskan bahwa Kerja Praktek (KP) adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa. Pada mata kuliah ini, mahasiswa wajib untuk “bekerja” (disebut dengan Kerja Praktek) di bidang Informatika, Sistem Informasi, Industri, Elektronika dan Matematika pada sebuah perusahaan. KP adalah kegiatan mahasiswa yang dilakukan di masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan melihat relevansinya di dunia kerja, serta mendapat umpan balik perkembangan ilmu pengetahuan dari masyarakat. KP mempunyai bobot 2 SKS dan dilaksanakan dalam kurun waktu 1-2 bulan. Pada Kurikulum Program Studi Sistem Informasi, mata kuliah ini disajikan pada Semester 5 dan 6 dengan dua kategori Pra KP dan KP Reguler.

  1. Kerja Praktek Pada Instansi/Perusahaan
    Bentuk kegiatan Kerja Praktek ini adalah magang pada Instansi atau Perusahaan dalam kurun waktu 1-2 bulan, pelakasanaan secara langsung. Jika dilaksanakan pada masa Pandemi Covid-19, dilakukan dengan mengikuti standarisasi Covid-19 atau dilakukan secara daring sesuai kesepakatan Instansi/Perusahaan tempat pelaksanaan KP.
  2. Kerja Praktek Jenis Proyek Mini
    Bentuk kegiatan Kerja Praktek dalam bentuk pembuatan Sistem Informasi atau aplikasi sederhana yang dibutuhkan oleh Program Studi, Fakultas, dan Universitas yang berada dalam lingkup kampus UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
  3. Kerja Praktek Jenis Pengabdian Masyarakat (Pengmas)
    Bentuk kegiatan Kerja Praktek dikerjakan dalam bentuk pembuatan aplikasi/sistem, kegiatan pendampingan, sosialisasi, pelatihan, dan sejenisnya berdasarkan bidang keilmuan yang ada di Program Studi Sistem Informasi. Minimal melakukan 2 kegiatan.
  4. Kerja Praktek Jenis Karya Tulis Ilmiah (KTI)
    Bentuk kegiatan Kerja Praktek ini merupakan hasil studi dan observasi terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Inovasi TIK, lomba Karya Tulis Ilmiah TIK, serta publikasi dalam bentuk jurnal atau conference.

Syarat dan Ketentuan Kerja Praktek

Syarat Kerja Praktek:

  1. Mahasiswa Aktif Program Studi Sistem Informasi.
  2. Telah menyelesaikan minimal 80 SKS mata kuliah sesuai kurikulum yang berlaku.
  3. Telah mengambil dan lulus mata kuliah Riset Sistem Informasi.
  4. Menjunjung tinggi Akhlak, Etika Akademis, serta Norma dan Aturan yang berlaku.

Ketentuan Umum:

  1. Mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus seleksi proposal dan ditentukan Dosen Pembimbing oleh Prodi SI, wajib melapor ke Dosen Pembimbing, serta melakukan pengajuan Surat Penunjukan Pembimbing dari Fakultas.
  2. Jika ada perubahan jenis KP, Judul dan atau Tempat KP, mahasiswa wajib melaporkan pada Prodi SI.
  3. Jika mahasiswa sudah melakukan KP sebelumnya dan sudah mendapatkan Form 03 (Selesai KP), maka mahasiswa tersebut hanya melakukan bimbingan dengan Dosen Pembimbingnya saja.

Ketentuan Khusus:

  1. Memperoleh izin dari instansi/perusahaan tempat KP (dibuktikan dengan Surat Izin pelaksanaan dan Selesai KP).
  2. Dalam bentuk langsung ataupun daring (mendapatkan data dan informasi yang valid).
  3. Membuat Laporan KP sesuai panduan yang berlaku.

Ketentuan Pra-KP:

  1. Mahasiswa diberi waktu sesuai jadwal Kalender KP untuk memperoleh izin dari tempat KP (Surat/Salinan WA, e-mail, dan lainnya) dengan catatan ini hanya berlaku untuk syarat awal dalam mendapatkan calon dosen pembimbing.
  2. Tempat KP yang diperbolehkan yaitu instansi pemerintah, perusahaan (CV dan PT), dan sekolah/kampus.
  3. Mahasiswa hanya boleh memasukkan Surat Permohonan Izin KP sebanyak 1 kali dalam 1 periode Pra KP.
  4. Mahasiswa yang belum mendapatkan tampat KP, silahkan mengikuti KP Reguler.

Alur Kerja Praktek

  1. Mahasiswa mengirimkan bukti diterima KP oleh tempat KP ke Prodi (Sekprodi).
  2. Prodi akan membagikan calon pembimbing.
  3. Mahasiswa melakukan diskusi ke calon pembimbing mengenai proposal yang akan diajukan.
  4. Mahasiswa mendapatkan ACC/Persetujuan proposal dari calon pembimbing.
  5. Mahasiswa memasukkan proposal KP ke Prodi.
  6. Mahasiswa memperoleh surat penunjukan dosen pembimbing.
  7. Mahasiswa mengajukan surat penunjukan pembimbing melalui https://seminar-fst.uin-suska.ac.id.
  8. Mahasiswa melaksanakan KP.
  9. Mahasiswa melakukan bimbingan, seminar, dan melaksanakan syarat administrasi KP.
  10. KP Selesai.

Alur Pengajuan Surat Penunjukan Pembimbing

  1. Mahasiswa dinyatakan lulus proposal KP (Rekapitulasi Hasil Seleksi Proposal KP)
  2. Mahasiswa melalukan pengajuan secara online pada link https://seminar-fst.uin-suska.ac.id.
  3. Prodi melakukan validasi dan penunjukan Pembimbing KP sesuai rekapitulasi hasil seleksi.
  4. Bagian Akademik Fakultas memproses No Surat, TTD, dan sebagainya.
  5. Bagian Akademik Fakultas mengirimkan file surat ke e-mail mahasiswa.

Alur Pengajuan Seminar Kerja Praktek

  1. Mahasiswa melengkapi Formulir Kerja Praktek: Formulir KP 01, Formulir KP 02, Formulir KP 03, Formulir KP 05, dan Formulir KP 06.
  2. Mahasiswa mengisi dan meng-upload semua persyaratan pada Google Formulir dengan link https://bit.ly/seminar-kp-SI.
  3. Mahasiswa melalukan pengajuan Seminar Kerja Praktek secara online di https://seminar-fst.uin-suska.ac.id.
  4. Pogram Studi melakukan validasi dan penjadwalan seminar.
  5. Bagian Akademik Fakultas memproses No Surat, TTD, dan sebagainya.
  6. Bagian Akademik Fakultas mengirimkan surat undangan Seminar KP ke email dan pemberitahuan melalui telegram mahasiswa.

Daftar Mahasiswa & Pembimbing Pra KP

Daftar Mahasiswa & Pembimbing Pra KP – [ Download ]

Daftar Mahasiswa dan Pembimbing Pra - KP

Daftar Mahasiswa & Pembimbing KP Reguler

Daftar Mahasiswa & Pembimbing KP Reguler – [ Download ]

Daftar Mahasiswa dan Pembimbing - KP Reguler

Download Formulir

  1. Formulir Kerja Praktek (Form KP 01)  – [ Download ]
  2. Formulir Kerja Praktek (Form KP 02) – [ Download ]
  3. Formulir Kerja Praktek (Form KP 03) – [ Download ]
  4. Formulir Kerja Praktek (Form KP 04) – [ Download ]
  5. Formulir Kerja Praktek (Form KP 05) – [ Download ]
  6. Formulir Kerja Praktek (Form KP 06) – [ Download ]
  7. Formulir Kerja Praktek (Form KP 07) – [ Download ]
  8. Formulir Kerja Praktek (Form KP 08) – [ Download ]
  9. Formulir Kerja Praktek (Form KP 09) – [ Download ]
  10. Formulir Kerja Praktek (Form KP 10)  – [ Download ]

Pedoman Kerja Praktek

Pedoman Kerja Praktek – [ Download ]

Format Penulisan Laporan

Format Penulisan Laporan Kerja Praktek – [ Download ]

Kuliah Umum Kerja Praktek

Materi Kuliah Umum Kerja Praktek – [ Download ]

Link Pengumpulan Berkas ACC Tempat KP Tahun 2024

Sistem Informasi Kerja Praktek (SIKAPE)

Mohon maaf, saat ini sistem masih dalam tahap pengembangan…

Kalender Kerja Praktek (KP) Program Studi Sistem Informasi