Halaman ini menampilkan produk-produk mahasiswa yang menjadi Tim Pengembang Prodi (Tim Developer SI) seperti aplikasi-aplikasi dan sistem informasi yang diterapkan pada lingkungan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, bahkan kampus UIN Suska Riau. Produk yang ditampilkan di luar dari produk hasil penelitian atau Tugas Akhir yang diterapkan di luar kampus. Metode pendampingan diterapkan dalam menghasilkan produk-produk ini dengan melibatkan dosen-dosen program studi sebagai pembimbing dan pengarah. Disini, mahasiswa ditempa dan diasah kemampuan mereka dalam membangun dan mengembangkan aplikasi/sistem yang diterapkan dalam pelayanan yang ada baik di Program Studi, Fakultas, Universitas. Disini, mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau juga membuktikan bahwa mereka mampu menghasilkan hasil karya yang bermanfaat sebagai bentuk dari “Tindakan Nyata” pada saat belajar di Kampus UIN Suska Riau, khususnya Program Studi Sistem Informasi.
SITASI adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk pengelolaan Tugas Akhir Program Studi Sistem Informasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pengembangan sistem ini dilakukan oleh mahasiswa dengan prinsip “Dari mahasiswa, Oleh mahasiswa, dan Untuk mahasiswa“. “Dari mahasiswa” maksudnya adalah ide-ide dari fitur-fitur yang ada pada SITASI berasal dari mahasiswa. “Oleh mahasiswa” maksudnya adalah implementasi dari ide-ide tersebut dilakukan oleh mahasiswa. Sedangkan “Untuk mahasiswa”, SITASI ini memang bertujuan untuk mahasiswa. Selain itu SITASI telah menjadi tempat belajar pengembangan sistem informasi bagi mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. Link : https://sitasi.uin-suska.ac.id
Agung Kurniawan | Membuat fitur pengajuan judul sampai ke keputusan judul diterima atau ditolak. |
Erno Irwandi | Membuat fitur pengelolaan seminar proposal dan sidang tugas akhir. |
Ardiansyah | Membuat fitur penjadwalan semi otomatis seminar proposal dan sidang tugas akhir. |
Ishmat Fadhil | Membuat SITASI berbasis Android untuk mahasiswa. |
Ananda Rianda Subri | Membuat SITASI berbasis Android untuk dosen. |
Marzuki | Membuat SITASI berbasis Android untuk Ketua Program Studi. |
Zulfi Lian Hidayat | Membuat Bot Telegram untuk SITASI. |
Iqbal Al-I’tirof | Membuat search engine Tugas Akhir untuk SITASI. |
SmarTA ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi Gambar yang tidak dirujuk, Tabel yang tidak dirujuk, Persamaan/Rumus yang tidak dirujuk, Lampiran yang tidak dirujuk, Label Gambar dan Label Tabel yang sama, dan kesalahan format penulisan tanda baca, serta tabel dengan format Non-LongTable. Aplikasi ini dibangun, mengingat masih banyak kesalahan-kesalahan penulisan yang terdapat pada laporan akhir mahasiswa pada saat ingin melakukan validasi atau jilid keras Laporan TA. Sistem ini dapat mengurangi pekerjaan dosen pembimbing maupun koordinator TA dalam mendeteksi kesalahan-kesalahan penulisan agar dapat menjaga kualitas Laporan Tugas Akhir dari sisi penulisan.
Hasil Karya: Wildan Pohan
Sistem Kerja Praktek ini atau yang disingkat dengan SIKAPE merupakan sistem yang digunakan untuk manajemen dan administrasi Kerja Praktek yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi. Target dari sistem ini agar mempermudah jalannya proses Kerja Praktek yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau. Sistem ini diharapkan dapat memangkas alur proses Kerja Praktek yang selama ini masih dilakukan secara manual. Saat ini, sistem ini rencananya akan diintegrasikan dengan Sistem Informasi Tugas Akhir (SITASI) agar lebih efektif dalam pengembangan berikutknya.
Hasil Karya: Muhammad Maksum Sugondo
Seiring dengan bertambah banyaknya informasi yang perlu disampaikan ke publik mengenai keberadaan (eksistensi) Laboratorium Program Studi Sistem Informasi, maka diperlukan media publik yang dapat menyampaikan informasi sekaligus promosi fasilitas dan layanan kepada khalayak umum mengenai keberadaan Laboratorium yang dimiliki oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Website ini dibangun untuk dapat meng-cover hal-hal yang bersifat informasi agar pihak-pihak luar dapat mengetahui lebih mendalam tentang profil Program Studi. Hal ini juga memberikan peluang kepada pihak luar yang ingin bekerja sama dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium program studi untuk kegiatan-kegiatan akademik dan non akademik. Link Website Laboratorium : https://lab-si.uin-suska.ac.id
Hasil Karya: M. Wira Ade Kusuma
Program Studi Sistem Informasi UIN Suska Riau dipercayakan mengelola laboratorium dengan jumlah barang yang banyak. Banyaknya jumlah barang seperti: perangkat, peralatan, dan media yang ada di Laboratorium membutuhkan pengelolaan inventaris barang yang baik. Hal ini agar tidak menyulitkan pengelola (Kepala Laboratorium Program Studi) dalam mendata dan mengontrol inventaris barang laboratorium di kemudian hari. Apalagi perangkat-perangkat komputer yang dipercayakan ke Program Studi Sistem Informasi banyak dipinjamkan untuk kegiatan-kegiatan internal maupun eksternal Prodi. Mengingat hal ini, perlu dibangun Sistem Inventaris Laboratorium yang disingkat SITARIS agar mampu meringankan pendataan, pengelolaan, serta dokumentasi kearsifan barang-barang inventaris yang baik.
Hasil Karya: Hafis Aryan Siregar, Nasya Amirah Melyani, Indah Nirwana
Sistem ini dibangun untuk menyimpan dokumen-dokumen khusus terkait hasil penelitian, Tugas Akhir, dan Kerja Praktek mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dalam bentuk project, serta untuk menyimpan dan menyelamatkan dokumen-dokumen penting laboratorium secara digitalisasi. Mengingat keterbatasan dan keamanan ruang penyimpanan laboratorium, oleh sebab itu di bangunlah Sistem Repositori yang disingkat SIREPO. Untuk project ini, sistem yang dibangun lebih bersifat custom software opensource yang disesuaikan dengan kebutuhan laboratorium. Mahasiswa diajarkan bagaimana mengelola dokumen-dokumen penting yang harus diselematkan untuk jangka waktu yang lama dalam mendukung pengelolaan Program Studi Sistem Informasi khususnya laboratorium yang berbasis IT. Link : https://repo.lab-si.uin-suska.ac.id
Hasil Karya: M. Wira Ade Kusuma
Sistem ini dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan yang ada di kantor Program Studi Sistem Informasi sebagai Display Informasi bagi mahasiswa dan tamu yang berkunjung. Sebelumnya, sistem ini telah dikerjakan oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi atas nama Abdi Muhartin (Generasi Ke-1) pada tahun 2017. Seiring perkembangan teknologi, diperlukan pengembangan lebih lanjut agar sistem ini dapat berfungsi dengan baik. Generasi berikutnya melakukan update versi dan perbaikan di beberapa fitur, sehingga sampai saat ini Program Studi Sistem Informasi mampu memberikan nuansa layanan yang berbeda dari lainnya.
Hasil Karya: M. Wira Ade Kusuma (Generasi Ke-2)
LabViS adalah sistem yang dirancang untuk mengelola dan memantau aktivitas kunjungan di laboratorium komputer Prodi Sistem Informasi. Dengan memanfaatkan scan QR Code pada kartu kunjungan, pengunjung dapat secara praktis mencatat riwayat kehadirannya. Grafik kunjungan interaktif memberikan visualisasi yang jelas tentang tren kunjungan mingguan, bulanan, dan tahunan. Terlebih lagi, LabViS mampu menyimpan riwayat kunjungan untuk setiap pengunjung, memungkinkan mereka untuk terlacak di setiap kali aktivitasnya di laboratorium. Dengan begitu, LabViS secara efektif berperan dalam melindungi lingkungan laboratorium agar dapat terjaga dengan baik.
Hasil Karya: Ahmad Dhani