Sejarah Jurusan

faste-baru

IAIN Sultan Syarif Qasim (IAIN Suska) mendirikan Jurusan Sistem Informasi pada tahun ajaran 2002/2003 sejalan dengan rencana untuk meningkatkan status IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Riau, yang saat ini telah terlaksana. Hal ini didukung oleh Pemerintah Daerah Provinsi Riau, DPRD Riau dan masyarakat, dimana sarjana jurusan teknik sangat dibutuhkan oleh pasar kerja pada masa yang akan datang, terutama menyambut era otonomi daerah. Jurusan yang strategis ini juga akan menopang Fakultas Sains dan Teknologi dan pengembangan studi Islam pada millenium ketiga. IAIN Susqa Pekanbaru (saat ini telah berubah menjadi UIN Suska Riau) sebagai salah satu institusi pendidikan Islam negeri di Riau mencermati dan berupaya menjawab tantangan ini dengan mendirikan Jurusan Sistem Informasi.

Kurikulum Jurusan Sistem Informasi mengacu kepada Kurikulum Nasional dengan pengelompokan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232 tahun 2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, yaitu Kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK), kelompok mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK), kelompok mata kuliah keahlian berkarya (MKB), kelompok mata kuliah prilaku berkarya (MPB) dan kelompok mata kuliah berkehidupan bermasyarakat (MBB). Total beban SKS untuk program sarjana (S1) sekitar 147 SKS yang dapat ditempuh selama 8 semester.

Disamping kurikulum di atas, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi juga diharuskan memiliki standar minimum kompentensi dasar Ilmu Agama Islam yang tertuang dalam mata kuliah institusional yaitu: Aqidah, Akhlak Tasawuf, Studi al-Qur’an dan hadis, Ilmu Fiqih. Diharapkan mahasiswa akan memiliki pengetahuan yang baik, serta memiliki integritas pribadi yang Islami, serta mampu mengaplikasikan ilmu dan ketrampilan dalam kehidupan. Dengan demikian, alumni Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Pekanbaru memiliki pengetahuan, keahlian dan kepribadian Islami yang integral.

Disamping mendapatkan softskill di kelas dan di laboratorium, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi juga mendapat pengayaan di bidang keagamaan, dan kepemimpinan yang bersifat ekstra kurikuler. Pada masa awal keberadaan mahasiswa baru di kampus UIN Suska Pekanbaru, mereka akan mendapat orientasi tentang perkuliahan di perguruan tinggi serta pengenalan kampus. Di samping itu, agenda kegiatan orientasi mahasiswa baru pada tahun akademik mendatang juga meliputi matrikulasi yaitu prakuliah untuk memperkenalkan sekaligus sebagai pengantar mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan kompetensi dasar ilmu keislaman yang menjadi karakter UIN Suska Riau.

Dalam pelaksanaannya Jurusan Sistem Informasi telah melakukan kerjasama dengan PT. Chevron Pacific Indonesia. Disamping itu dilakukan juga kerjasama dengan beberapa pihak seperti Universitas Riau, Politeknik Caltex Riau, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP), dan Pemerintah Daerah Provinsi Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Solve : *
17 + 20 =


Protected with IP Blacklist CloudIP Blacklist Cloud